Kunci Jawaban Post Test Modul
2 Membuat dan Memodifikasi Modul Ajar Ibu dan bapak guru akan dapat
mengerjakan Post Test setelah menyelesaikan seluruh Aktivitas, baik Materi,
Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.
Berikut ini adalah
referensi Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran
yang dapat digunakan sebagai acuan ibu dan bapak dalam menjawab Post Test.
Contoh Soal dan Kunci Jawaban Post Test
Pelatihan Mandiri Topik Perencanaan Pembelajaran Modul 2
1. Berikut
pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah...
Jawab : Merupakan
pemahaman praktis.
2.
Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa
adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding
by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban
"resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan
jawaban dan penyelidikan yang mendalam.
Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat
proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman
mendalam.
Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan
pemantik dibawah ini?
Jawab : Seorang Guru IPA bertanya
“Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”
3.
Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif,
yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan
dari adanya asesmen ini adalah...
Jawab : Untuk
mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
4.
Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran
Ekonomi. Rencananya ia akan meminta murid menuangkan pemahamannya terkait
dampak globalisasi dalam bentuk kampanye. Pak Markus memberikan kebebasan pada
murid untuk memilih media kampanye selama pesan kampanye dapat tersampaikan
dengan baik. Saat membuat rubrik, aspek-aspek yang tepat untuk mengukur asesmen
tersebut antara lain : …. Jawab : Sistematika kampanye,
kualitas konten, orisinalitas, dan efektivitas media.
5. Indikator
pencapaian kompetensi ditentukan berdasarkan...
Jawab : tujuan
pembelajaran yang ditetapkan
6. Pernyataan
berikut yang salah tentang modul ajar adalah...
Jawab : Modul ajar setara dengan RPP.
7. Bu
Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia
untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat
hal-hal berikut:
-
Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
-
Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa
mengasah kemampuan berpikir proses
-
Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa
mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh
Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki
lakukan adalah...
Jawab : Mengganti bentuk asesmen
menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara
daring.
8. Berikut
merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid,
kecuali...
Jawab : Menggantikan peran guru dalam mengajar.
9. Pak
Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka
Mengajar. Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk
mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia
terapkan.
Oleh karena itu, ia memodifikasi
aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak memerlukan telepon genggam. Upaya
modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert tergolong...
Jawab : Modifikasi terkait sarana dan
prasarana belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar